Servis TransJ Mulai Beroperasi Masuk Ke UI

Berita umum

Servis TransJ Mulai Beroperasi Masuk Ke UI – TransJakarta bekerja bersama dengan Kampus Indonesia (UI) mempersiapkan 35 unit bis TransJakarta. Bis itu akan dioperasikan di universitas UI untuk mendesak jumlahnya kendaraan pribadi.

Pengamatan detikcom di ruangan rapat rektorat Kampus Indonesia, Beji, Depok, Jawa Barat, Dirut TransJakarta Agung Wicaksono tanda-tangani nota kesepakatan bersama dengan Rektor UI Muhammad Anis. Kesepakatan itu berkaitan mempersiapkan moda transportasi bis Metrotrans di kompleks UI.

“Transportasi yang kita bangun dalam universitas ini usahanya lebih ke publik, kita kurangi bagaimana kendaraan pribadi dapat kita kurangi, ke depan jika bisa saja tidak ada satu juga kendaraan pribadi masuk ke universitas tetapi transportasi publik kita bangun,” kata Anis dalam sambutannya, Selasa (9/7/2019).

Anis akui kerja sama ini adalah usaha untuk ke arah universitas green matrix. Menurut dia, UI akan berusaha merajut kerja sama di beberapa bidang, diantaranya transportasi publik, untuk mengaplikasikan green campus ini.

“Saat ini kita kerja sama juga dengan TransJakarta yang punyai armada yang friendly dengan difabel. Itu benar-benar dekat diperlukan untuk berikan service paling baik,” katanya.

Selain itu, Direktur Umum TransJakarta Agung Wicaksono menerangkan bis TransJakarta ini nanti akan bekerja di lingkungan UI. Kedatangan bis ini diinginkan bisa menolong kurangi pemakaian kendaraan pribadi di UI.

“Jadi service TransJ sampai kini sebetulnya telah ada yang ke arah masuk ke UI, tetapi ini akan kita teruskan masuk ke lokasi UI layani mahasiswa UI, jadi dua titik transportasi publik penting, yakni Lebak Bulus MRT serta Manggarai KRL akan tersambung dengan UI, dengan kami harap dapat membantu kurangi penyebaran kendaraan pribadi di universitas UI,” sambungnya.

Agung ungkap faksinya akan mempersiapkan 35 unit bis TransJakarta yang berkeliling-keliling dalam kompleks UI. Bis ini akan mulai bekerja pada 1 Agustus.

“(Sekitar) 35 unit dari 2 rute, kelak ada (mengejar) 3 rute , penambahan 15 unitlah. Barusan yang sudah ada Lebak Bulus-UI serta Manggarai-UI, lalu Kp Rambutan-UI lewat Lenteng Agung, Kp Rambutan-UI lewat Raya Bogor, serta UI-Margonda, startnya 1 Agustus kelak, kita sediakan kelak bekerja,” tutur Agung.

Agung menerangkan bis ini akan ada tiap 5 menit di halte-halte yang berada di Fakultas UI. Mahasiswa, menurut dia, tidak dikenai biaya bila cuma berkeliling-keliling di universitas.

“Jadi gini, biaya reguler Rp 3.500 itu untuk naik di luar ke atau dari dalam ke luar, sesaat yang cuma berputar-putar di maka gratis. Pasti ada prosesnya itu,” ucapnya.