Meriahnya Perang Air Kopi dan Susu di Kabupaten Bandung Barat

Berita umum

Meriahnya Perang Air Kopi dan Susu di Kabupaten Bandung Barat – Beberapa puluh penduduk serta beberapa tokoh rutinitas Kampung Cibedug, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat turut serta ‘bentrokan’. Perbuatan sama sama lempar ini berlangsung di alun-alun desa pada Senin (18/3/2019) pagi.

Benturan dengan cara mendalam berlangsung sepanjang 10 menit. Meski demikian, tidaklah ada yg terluka dalam benturan ini.

Cuma tawa serta gurau canda yg berikan warna selama benturan. Jauh dari kata mencekam, mereka sama sama bersalaman dengan senyum mengembang diakhir acara.

Karenanya ke dua team sama sama melempar dengan memanfaatkan susu murni serta kopi luwak yg udah dikemas dalam bungkus plastik dalam festival Palagan Toya.

Palagan Toya atau perang air ini adalah satu diantaranya serangkaian acara Ruwatan Lembur Kampung Cibedug yg biasa dilaksanakan tiap-tiap tahun. Tetapi festival sama sama lempar ini baru pertama diselenggarakan.

” Festival ini dilaksanakan buat memperkuat berkunjung antarwarga serta perasaan ungkapan perasaan sukur terhadap Tuhan lantaran udah berikan segala-galanya buat kami penduduk Cibedug, ” kata sesepuh rutinitas Kampung Cibedug, Aki Dede Atmadja (72) .

Jadi amunisi, panitia menyediakan 2. 500 bungkus susu murni yg udah di gabung air serta 2. 500 bungkus kopi luwak. Bahan-bahannya datang dari urunan penduduk serta sumbangan dari pebisnis kopi luwak ditempat.