Gugatan Soal Hitung Ulang Suara Oleh MK Belum Disahkan

Berita umum

Gugatan Soal Hitung Ulang Suara Oleh MK Belum Disahkan – Calon legislatif PKB Subang, Jawa Barat, Sukron Ma’mun menuding ada pelanggaran perhitungan suara di Dapil 7 Kabupaten Subang. Dalam tuntutannya ke MK, Sukron mengemukakan ada pengurangan suara yang merugikannya, tetapi memberikan keuntungan rekanan satu partainya.

“Pengambilan suara yang dikerjakan di Dapil 7 Subang diwarnai dengan sangkaan penggelembungan suara yang dikerjakan calon legislatif nomer urut 5 untuk memberikan keuntungan dianya,” kata kuasa hukum, Irwan Yustiarta, waktu membacakan permintaan di persidangan perselisihan Pileg 2019 di MK, Jl Medan Merdeka Barat, Selasa (9/7/2019).

Irwan menyebutkan manipulasi itu didapati oleh saksi dari pemohon. Menurut dia, pelanggaran perhitungan suara itu dikerjakan oleh pelaku KPPS, PPK sampai KPUD Subang.

“Jika saksi Pemohon temukan tanda-tanda sangkaan manipulasi yang dikerjakan pelaku KPPS, PPK sampai KPUD Subang ada bukti insiden yang dipandang benar-benar lemahnya pengendalian serta pengawasan, pengurusan serta rekap suara di Kecamatan Purwodadi oleh PPK serta Panwas yang dilegitimasi oleh KPUD Subang,” ucapnya.

Sangkaan pelanggaran perhitungan suara itu berlangsung di Kecamatan Cikaum, Desa Pasirmuncang TPS 02 serta 08, Kecamatan Purwadadi mencakup Desa Belendung di TPS 01, Desa Purwadadi di TPS 08, 10, 14, 18, Desa Purwadadi Barat di TPS 11, 24, 25, Desa Koranji di TPS 02, 06, 16, Desa Penyingkiran di TPS 01, Desa Parapatan di TPS 08 dan Kecamatan Tambakdahan di Desa Tanjung Rasa TPS 12. Irwan menyebutkan pelanggaran penghitungan suara itu bikin rugi client-nya sekitar 5 suara.

“Pencapaian suara faksi pemohon sebagai calon legislatif PKB nomer urut 1 dapil 7 yang sejumlah 3.014 dengan konflik calon legislatif PKB nomer urut 5 (Endang Jamaludin) Subang sejumlah 3.019 berdasar rapat pleno,” ucapnya

Tersebut rekap perbandingan suara di antara Sukron Ma’mun serta Endang Jamaludin yang dikatakan pemohon

Sukron Ma’mun

Cikaum: 652
Purwadadi: 211
Binong: 1.444
Tambakdahlan: 707
Keseluruhan: 3.014

Endang Jamaludin

Cikaum: 370
Purwadadi: 2.290
Binong: 200
Tambakdahlan: 159
Keseluruhan: 3.019

Pemohon minta MK menyetujui semua permintaannya. Diluar itu, pemohon minta majelis hakim lakukan perhitungan suara lagi di MK.

“Mengatakan permintaan penggugat untuk diselenggarakan perhitungan lagi beda suara di antara faksi penggugat sebagai calon legislatif PKB nomer 1 pada calon legislatif PKB nomer 5 yang bernama Endang Jamaludin bisa dikerjakan dalam persidangan Mahkamah Konstitusi RI,” sebut Irwan.

Selanjutnya majelis hakim mengatakan belum dapat menetapkan permintaan pemohon. Karena, majelis hakim memandang alat bukti pemohon belum komplet.

“Anda sesudah ini silahkan ke panitera sidang, untuk Kabupaten Subang itu ada daftar bukti tetapi yang diberikan cuma P1 sampai P3. Kami belum dapat disahkan sebab ada banyak persoalan disana,” kata hakim konstitusi I Dewa Gede Palguna.