Alasan Pemprov DKI Hapus Anggaran Rp 5 M Untuk Influencer

Berita umum

Alasan Pemprov DKI Hapus Anggaran Rp 5 M Untuk Influencer – Sebelumnya, Pemerintah Propinsi DKI Jakarta merencanakan menganggarkan Rp 5 miliar untuk lima influencer buat mempromokan pariwisata Ibu Kota. Tetapi gagasan itu diurungkan. Tersedianya uang jadi karena.

“Ini terkait dengan keadaan keuangan wilayah,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata serta Kebudayaan DKI, Asiantoro, pada wartawan, Minggu (27/10/2019).

Di Perancangan Plafon Perhitungan Seentara (PPAS), persisnya pada dokumen Lampiran III Komisi B, kelihatan terdapat program pekerjaan ‘Penyelenggaraan keaktifan promo pariwisata serta budaya lewat media sosial’. Targetnya ialah ‘Jumlah influencer keaktifan promo pariwisata serta budaya lewat media sosial’. Sasarannya, terdapat lima influencer yang dilibatkan. Perhitungan untuk lima influencer yang mempromokan pariwisata Ibu Kota ini sebesar Rp 5.008.691.930,00.

Bagaimana dapat ada gagasan perhitungan sebesar itu untuk 5 influencer? “Kita merasakan butuh mengundang beberapa influencer yang punyai pengikut banyak,” jawab Asiantoro.

Tetapi perhitungan itu dihapus sebab keadaan keuangan DKI butuh lebih efektif. Langkah efisiensi ini disebutkannya tidak terbatas pada Dinas Pariwisata saaja, tetapi pada dinas-dinas lain.

“Sebab, semua SKPD (Unit Kerja Piranti Wilayah) alami pengurangan-pengurangan pekerjaan yang dihapus,” katanya.

“Yang pasti tidak berhasil, tidak terdapat . Ini (perhitungan untuk influencer) telah dihapus awal-awal Oktober,” pungkasnya.